Cari Blog Ini

Senin, 24 Oktober 2022

Optimalisasi Sumber Belajar Pada Fitur Rumah Belajar Melalu Pembelajaran Berbasis Gim (Game Based Learning)

Optimalisasi Sumber Belajar Pada Fitur Rumah Belajar Melalu Pembelajaran Berbasis Gim (Game Based Learning)


Rumah Belajar

    Rumah Belajar merupakan portal resmi yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, melalui Pusdatin yang diberikan secara gratis untuk dimanfaatkan oleh pendidik atau peserta didik dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK, untuk berbagai keperluan yang tentunya dapat memudahkan pendidik dan peserta didik. Selain menyediakan website, Pusdatin juga telah menyediakan apk yang dapat diunduh melalui google playstore, atau  unduh APK Rumah Belajar. Fitur dalam Rumah Belajar terdiri dari fitur utama dan fitur pendukung 

         Fitur Utama terdiri dari sumber belajar, laboratorium maya, bank soal, dan kelas maya. 

Gambar 1. Fitur Utama Rumah Belajar

    Fitur pendukung pada APK Rumah Belajar versi 5.24 terdiri dari buku sekoalah elektronik, pengembangan keprofesian berkelanjutan, peta budaya, wahana jelajah angkasa, karya bahasa dan sastra, edu game, augmenter reality, kihajar STEM.

        Untuk menggunakan fitur yang ada dalam portal rumah belajar tentunya kita harus login terlebih dahulu dapat menggunakan akun Google atau khusus untuk guru kita dapat menggunakan akun ID belajar kita disarankan untuk menggunakan Akun tersebut karena merupakan akun yang dikeluarkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan yang merupakan akun resmi yang bisa kita gunakan untuk mengakses semua aplikasi yang ada atau yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan jadi kita harus mempersiapkan akun ID kita untuk dapat memanfaatkan aplikasi tersebut.

Sumber Belajar

        Sumber belajar merupakan salah satu fitur utama pada portal rumah belajar. Fitur yang menyediakan materi ajar bagi guru dan peserta didik berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara tersetruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk audio, video, dan laman interaktif. 

Berbagi Praktik Baik

       Kegiatan praktik baik yang saya lakukan di kelas VI SDN 01 Sumber Agung, Kecamatan Buay Madang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan, adalah pembelajaran berbasis gim (Game Based Learning), Dalam kegiatan praktik baik yang penulis lakukan adalah memanfaatkan salah satu fitur utama dalam portal rumah belajar, yaitu fitur sumber belajar, dalam fitur tersebut terdapat video pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Saya memilih materi perkembangbiakan pada tumbuhan, link video saya bagikan kepada peserta didik melalui group WA berikut sumber belajar yang digunakan pada proses pembelajaran di kelas, setelah memanfaatkan beberapa video yang terdapat dalam portal rumah belajar peserta didik sangat senang dengan pembelajaran di kelas.
berikut ini merupakan video praktik baik saya di kelas 

Video Praktik Baik

Berbagi Dengan Guru di Gugus Cendrawasih

      Profesi sebagai sorang guru, merupakan pilihan saya sejak dulu, karena guru merupakan pekerjaan yang mulia, kebahagian saya datang ketika saya mampu berbagi dengan orang-orang disekitar saya. Sebelum pelaksanaan berbagi saya ter;ebih dahulu meminta izin dengan ketua K3S kecamatan Buay Madang, pengawas Sekolah, serta Kepala Sekolah untuk melakukan kegiatan Workshop Berbagi dan Berkolaborasi. Saya mendapatkan respon yang baik setelah saya sampaikan tujuan dari kegiatan tersebut. Sehingga kegiatan tersebut dapat saya laksanakan berkat dukungan semua pihak.
Permohoan izin


Pelaksanaan Kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi


   Kegiatan dilaksanakan di SDN 01 Sumber Agung, pada tanggal 26 Oktober 2022. Kegiatan tersebut di ikuti oleh sekitar 35 orang guru yang berasal dari 7 sekolah yang berbeda termasuk guru yang ada di sekolah saya, SDN 01 Sumber Agung, mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan karena mereka dapat menggunakan dan memanfaatkan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar. 

Video Kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi di Gugus Cendrawasih 

      Media sosial yang saya gunakan untuk berbagi praktik baik saya adalah blog, youtube, facebook, dan instagram. Mudah-mudahan apa yang saya lakukan dapat diikuti oleh semua guru untuk selalu menggunakan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar